Pages

Batman Begins - Diagonal Resize

Senin, 04 Mei 2015

Pelatihan Penyusunan Soal Interaktif Dengan Menggunakan Wondershare Quiz Creator Bagi Guru SDN Desa Sitiaji Kec. Sukosewu Kab. Bojonegoro

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
             Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Perkembangan teknologi ini membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Salah satu hasil dari kemajuan teknologi adalah dihasilkannya komputer sebagai alat bantu manusia dalam melakukan pekerjaan dan juga internet sebagai sarana komunikasi penghubung yang digunakan melalui komputer. (Janner Simarmata, 2009)

             Perkembangan komputer banyak sangat membantu dalam berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan, dalam pendidikan pada saat ini tidak lepas dengan komputer untuk menyelesaikan berbagai hal terutama masalah administrasi. Dengan perkembangan zaman, pada saat ini komputer dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mempermudah dan menunjang proses belajar mengajar.
             Berdasarkan perkembangan teknologi informasi yang cepat, dan melihat kondisi masyarakat terutama pada guru sekolah SD Sitiaji kurang memanfaatkan teknlogi informasi, sehingga pada kesempatan PKM ini, Tim PKM akan membuat pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator.
            Wondershare Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara ofline dan online (berbasis web). Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya.
             Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website. Dengan Wondershare Quiz Creator, pengguna dapat membuat dan menyusun berbagai bentuk dan level soal yang berbeda, yaitu bentuk soal benar/salah (true/false), pilihan ganda (multiple choices), pengisian kata (fill in the blank), penjodohan (matching), Kuis dengan area gambar dan lain-lain. Bahkan dengan Wondershare Quiz Creator dapat pula disisipkan berbagai gambar (images) maupun file Flash (Flash movie) untuk menunjang pemahaman peserta didik dalam pengerjaaan soal.
             Beberapa fasilitas yang tersedia dalam Wondershare Quiz Creator, selain dari sisi kemudahan penggunaan (user friendly) soal-soal yang dihasilkan, diantaranya yaitu (1). Fasilitas umpan balik (feed-back) berdasar atas respon/jawaban dari peserta tes, (2). Fasilitas yang menampilkan hasil tes/score dan langkah-langkah yang akan diikuti peserta tes berdasar respon/jawaban yang dimasukkan, (3). Fasilitas mengubah teks dan bahasa pada tombol dan label sesuai dengan keinginan pembuat soal, (4). Fasilitas memasukkan suara dan warna pada soal sesuai dengan keinginan pembuat soal, dan (5). Fasilitas hyperlink; yaitu mengirim hasil/score tes ke email atau LMS. (6) Fasilitas pembuatan soal random, (7) Fasilitas keamanan dengan User account/password, (8) Fasilitas pengaturan tampilan yang dapat di modifikasi, dll Tampilan awal perangkat lunak ini ditunjukkan pada Gambar 1 (http://www.wondershare.com/e-learning/quizcreator/quizcreator_overview.html).

B. RUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana proses pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator bagi guru SDN Sitiaji Kec. Sukosewu Kab. Bojonegoro?
  2. Bagaimana respon para guru SDN Sitiaji dengan pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator?
C. TUJUAN
Berdasarkan latar belakang, tujuan utama dari kegiatan PKM ini adalah
  1. Memberikan pengetahuan dan kemampuan bagi guru SDN Sitiaji dalam pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator.
  2. Untuk mengetahui respon para guru SDN Sitiaji dengan pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator.
D. MANFAAT
Dengan dilaksanakannya kegiatan PKM ini, ada beberapa manfaat yang diharapkan bisa diperoleh dari akhir kegiatan, yaitu
  1. Untuk masyarkat sasaran(Guru SDN Sitiaji)                                                                       Dimilikinya pengetahuan dan keterampilan dalam membuat soal interaktif yang nantinya dapat bermanfaat untuk proses pembelajaran. Terjalinnya hubungan kerja-sama institusional antara masyarakat, Sekolah SDN Sitiaji dan pemerintahan Desa Sitiaji dengan Jurusan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro
  2. Untuk Tim PKM                                                                                                       Bertambahnya pengalaman dalam kegiatan pelatihan terutama pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator.

BAB II
METODE PELAKSANAAN

A. STRATEGI PELAKSANAAN PELATIHAN
Seperti tersirat pada rumusan masalah, berdasarkan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, Tim PKM akan belajar bersama-sama dengan guru SDN Sitiaji berkaitan dengan membuat soal interaktif dengan menggunakan software Wondershare Quiz Creator, dengan harapan guru SDN Sitiaji agar memiliki keterampilan dalam membuat kuis berbasis komputer, karena melihat perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat sehingga para dituntut untuk untuk mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi ini sesuai dengan kurikulum 2013. Pelatihan yang dilakukan oleh TIM PKM berkaitan dengan menyusun soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator dapat membantu para guru SDN Sitiaji, sebagai bahan untuk mengembangkan alat evaluasi dalam proses pembelajaran. Langkah langkah yang dilakukan adalah :
  1. Memilih sekolah yang mau ditempati PKM
  2. Merumuskan metode kegiatan belajar-mengajar yang optimal, dalam hal metode kegiatannya mempraktekkan secara langsung bagaimana cara menyusun soal interaktif dengan menggunakan wondershare quiz creator dengan bantuan LCD Proyektor
Karena keterbatasan sarana dan prasarana, dimohon kepada guru yang mempunyai laptop untuk dibawa ketika pelatihan.
Bentuk kegiatan PKM adalah pelatihan penyusunan soal/evaluasi interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator, diharapkan dari Tim PKM dapat membantu para guru dalam membuat evaluasi pembelajaran yang interaktif, sehingga siswa anak SD lebih senang dan mulai mengenal dengan menggunakan komputer. Disamping itu juga sebagai pengetahuan para guru SD dalam membuat soal/evaluasi interaktif dengan menggunakn wondershare quiz creator.

B. PERSIAPAN MELAKUKAN LANGKAH PELATIHAN PEMBUATAN SOAL INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE QUIZ CREATOR
1. Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Dalam melakukan pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator yang dibutuhkan dalam melakukan pelatihan adalah sebagai berikut:
  • Laptop
  • Software wondershare quiz creator
  • LCD
  • Stop Kontak
  • Contoh softcopy soal
  • CD Blank
  • Materi
2. Proses Instalasi Software Wondershare Quiz Creator Pada Laptop
Instalasi Quiz Creator
Double Klik icon Quizcreator_full31

Akan muncul “Welcome to Wondershare QuizCreator ( Build 4.5.0) Setup wizard” kemudian Klik Next untuk melanjutkan



Klik “ Install” untuk melajutkan proses instalasi, tunggu sampai muncul finish

3. Mempraktekkan pembuatan soal interaktif dengan Software Wondershare Quiz Creator

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN

A. REALISASI PELAKSANAAN KEGIATAN
Seperti sudah dikemukakan pada bab sebelumnya, pada kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan kepada guru SDN Sitiaji, dalam bidang pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator, dengan adanya pelatihan ini diharapkan guru di SDN Sitiaji mampu membuat soal interaktif, karena melihat perkembangan teknologi yang sangat cepat, sebagai guru juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Sebelum melaksanakan kegiatan pelatihan, langkah awal yang dilakukan oleh TIM PKM adalah melaksanakan observasi tempat yang akan dijadikan tempat pelatihan, setelah dilakukan observasi, diskusi dengan kepala desa, sekolah yang ada di desa Sitiaji kemudian TIM PKM menentukan sasaran PKM kemudian dilanjutkan dengan konsultasi kepada kepala sekolah yang akan ditempati PKM. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 2014 dimulai pukul 07.30 sampai dengan 09.30 dengan tahapan kegiatan mulai dari pengenalan terhadap software wondershare quiz creator, cara menginstal software tersebut dalam komputer dan mempraktekan pembuatan soal interaktif di ikuti oleh guru SDN Sitiaji.

B. SASARAN
Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah Guru SDN Sitiaji, dengan bentuk kegiatannya adalah Pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator, dengan harapan guru SDN Sitiaji juga dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran melalui pembuatan soal interaktif sehingga siswa juga lebih senang dengan adanya modifikasi evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Banyaknya seluruh peserta pada kegiatan PKM ini awalnya adalah 10 orang, karena ada halangan suatu hal peserta yang selesai mengikuti pelatihan PKM ini hanya 8 orang.


C. TEMPAT, WAKTU DAN METODE YANG DIGUNAKAN
1. Tempat
Adapun tempat pelaksanaan pelatihan Pengabdian Masyarakat adalah Sekolah Dasar Negeri Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan sebagai penyuluh (instruktur pelatihan) adalah:
a. Nama : Boedy Irhadtanto, S.T.,M.Pd.
    NIDN : 0705077301
    Pekerjaan : Dosen
b. Nama : Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd
    NIDN : 0727088801
    Pekerjaan : Dosen
c. Nama : Cahyo Hasanudin, M.Pd.
    NIDN : 0706058801
    Pekerjaan : Dosen

2. Waktu dan Metode Yang digunakan
a. Melakukan observasi
b. Memilih sasaran.
c. Melakukan konsultasi kesediaan mengikuti pelatihan
d. Melaksanakan kegiatan pelatihan, dengan menggunakan ruangan guru SDN Sitiaji yang dilakukan pada tanggal 12 Nopember 2014 dengan materi pelatihan penyusunan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator


BAB IV
HASIL KEGIATAN

A. TEMUAN HASIL EVALUASI
Kegiatan awal yang dilakukan, yaitu berkoordinasi dengan Kades Sitiaji, dan sekolah yang ada didesa Sitiaji, setelah melakukan diskusi untuk mencari kesepakatan kemudian TIM PKM melakukan koordinasi observasi dengan sekolah SDN Sitiaji atas kesediaan mengikuti pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan wondershare quiz creator, Tim PKM memilih di SDN Sitiaji karena di sekolah tersebut fasilitas sudah mulai berkembang, mulai dari sudah ada internet, mempunyai LCD, Komputer, dan para guru sudah ada beberapa yang mempunyai laptop atau komputer dirumah walapun tidak semuanya diharapkan dengan adanya PKM ini para guru yang ada di SDN ini tertarik untuk lebih untuk mempelajari teknologi informasi dikaitkan dengan pembelajaran. Selain itu Tim PKM memilih disekolah SDN Sitiaji dengan didasarkan pada kemampuan keuangan dan fasilitas yang dimiliki Tim PKM, Kegiatan koordinasi Tim PKM pihak pemerintahan desa, yang dilakukan pada waktu 8 Nopember 2014
Pelatihan yang dilakukan pada tanggal 12 Nopember 2014 berjalan cukup lancar, dan peserta dapat mengikutinya dengan baik walaupun pada saat melakukan praktek para guru harus bergantian untuk mencoba membuat 2 soal karena kendalanya tidak semua guru membawa laptop sendiri, materi awal yang perlu dipelajari yaitu belajar menginstal software pada komputer kemudian dilanjutkan dengan berlatih membuat soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creato, pada kegiatan PKM ini selain ada teori (30%) juga ada praktek langsung (70%) sehingga peserta dapat mempraktekkan langsung apa yang telah dipelajari, mulai dari langkah-langkah instal software dan pembuatan soal interaktif.

B. PEMBAHASAN
Dari hasil pelatihan disimpulkan bahwa selama proses pelatihan para guru antusias mengikuti pelatihan, ini bisa dilihat dari respon para guru, keinginan guru untuk bisa membuat soal interaktif, bertanya jika ada kesulitan ketika mempraktekkan, karena didalam pelatihan ini peserta diajarkan secara teori maupun praktek mulai dari kegunaan dari software wondershare quiz creator, sering digunakan dalam hal apa, cara menginstal pada komputer, dan cara pembuatan soal interktif yang dikemas dalam materi yang dimasukkan dalam CD. Disamping itu juga didalam CD juga sudah disediakan software wondershare quiz creator, contoh soft copy soal, Diharapkan nanti para guru bisa mempraktekkan sendiri dirumah.
Sebagai akhir dari laporan kegiatan Tim PKM Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro di Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro melaukan PKM di SDN Sitiaji, ada beberapa kesimpulan yang dapat dikemukakan

BAB V
SIMPULAN

A. SIMPULAN
Program pelatihan dalam bentuk kegiatan 30 % teori dan 70 % praktek cukup efektif, sehingga peserta dapat melihat langsung di LCD dari mempraktekan yang disampaika
Para guru sekolah SDN Sitiaji antusias dan senang dalam mengikuti pelatihan pembuatan soal interaktif dengan menggunakan software wondershare quiz creator, pihak sekolah juga berharap dilain waktu bisa belajar lagi untuk menambah pengetahuan.

B. SARAN
Kegiatan PKM seperti ini lebih baiknya ditekankan pada praktek, dan pada proses pelatihan dilakukan dilab komputer atau para peserta membawa laptop sendiri sendiri
Adanya tindak lanjut terhadap sekolah dari pihak Tim PKM dengan melakukan evaluasi terhadap para peserta PKM

Tidak ada komentar :

Posting Komentar