1.
Anava Satu Jalan
Anava merupakan suatu analisis
statistika untuk menguji secara serentak apakah k populasi mempunyai rataan
yang sama. Disebut anava satu jalan karena pada eksperimen ini hanya ada satu
faktor yang diselidiki. Dalam Minitab ada dua pilihan untuk keperluan uji ini,
yaitu data ditulis dalam satu kolom atau data ditulis dalam beberapa kolom
(seperti pada uji hipotesis).
Contoh
:
Peneliti ingin mengetahui apakah keempat
metode mengajar, yaitu metode A, B, C, dan D mempunyai efek yang sama. Keempat
metode tersebut dicobakan kepada empat kelas yang seimbang, yaitu kelas IA
(untuk metode A), kelas IB (untuk metode B), kelas IC (untuk metode C), dan
kelas ID (untuk metode D). Dari masing-masing kelas diambil secara random
sejumlah anak, dan hasilnya adalah sebagai berikut.
Kelas
|
IA
|
IB
|
IC
|
ID
|
Nilai
|
5,
7, 6, 3, 9, 7, 4, 2
|
9,
10, 8, 7, 7
|
8,
6, 9, 5, 7, 4, 4
|
1,
3, 4, 5, 1, 4
|
a.
Dengan
mengambil alpha = 5%, bagaimanakah kesimpulan penelitian tersebut?
b.
Lakukan
uji lanjut pasca anava untuk menentukan metode manakah yang lebih baik daripada
metode yang lain.
Tahapan kerja dengan menggunakan Minitab
adalah sebagai berikut :
Cara 1
: data tersusun dalam beberapa kolom
v Masukan nilai
dari kelas 1A pada C1 dan beri nama “Metode A”
v Masukan nilai
dari kelas 1B pada C2 dan beri nama “Metode B”
v Masukan nilai
dari kelas 1C pada C3 dan beri nama “Metode C”
v Masukan nilai
dari kelas 1D pada C4 dan beri nama “Metode D”
v
Klik
Stat
v
Pilihlah
ANOVA
v
Klik
One-Way (Unstacked)
v Isilah pada
kotak Responses dengan C1,C2,C3,C4.
v Isilah confidence
level yaitu (1 – α) dalam soal 95%
v Klik Comparisons
dan contreng metode perbandingan ganda yang diinginkan.
v
Klik
OK
Cara 2
: data tersusun dalam satu kolom (misalnya data sudah tersusun seperti
cara 1)
v Klik
Data
v Pindahkan
kursor ke Stack
v Klik
Columns
v Isilah
kotak pada stack the following columns dengan C1,C2,C3,C4
v Isilah
kotak pada Column in current worksheet dengan kolom kosong (misal
C5) dan beri nama C5 dengan “Nilai”
v Isilah
kotak pada Store Subscripts in dengan Kolom kosong (misal C6) dan
beri nama C6 dengan “ Metode”
v Klik
Stat
v Pilihlah
ANOVA
v Klik
One-Way
v Isilah
pada kotak Responses dengan C5 dan Faktor dengan
C6.
v Isilah
confidence level yaitu (1 – α) dalam soal 95%
v Klik
Comparisons dan contreng metode perbandingan ganda yang
diinginkan.
v Klik
OK
MTB > Oneway 'NILAI' 'METODE';
SUBC>
Fisher 5.
One-way ANOVA: NILAI versus METODE
Source
DF SS MS
F P
METODE
3 76,81 25,60
6,91 0,002
Error
22 81,53 3,71
Total
25 158,35
S = 1,925
R-Sq = 48,51% R-Sq(adj) = 41,49%
Individual 95% CIs
For Mean Based on
Pooled StDev
Level
N Mean StDev
-----+---------+---------+---------+----
Metode A
8 5,375 2,326 (-----*----)
Metode B
5 8,200 1,304 (------*------)
Metode C
7 6,143 1,952 (-----*-----)
Metode D
6 3,000 1,673
(------*------)
-----+---------+---------+---------+----
2,5 5,0
7,5 10,0
Pooled StDev = 1,925
Perhatikanlah bahwa pada tampilan
rangkuman analisis variansi diatas diperoleh p = 0,002. Terkait dengan tingkat
signifikansi
= 0,05, diperoleh p <
berarti Ho ditolak
Sehingga dapat disimpulkan tidak benar bahwa keempat metode
pembelajaran memberikan efek yang sama
Dari
hasil diatas disebutkan bahwa terdapat perbedaan antara keempat metode, Untuk
menentukan metode mana yang lebih baik dari metode yang lain maka dilakukan uji
lanjut dan hasilnya pada rangkuman dibawah ini :
Fisher 95% Individual Confidence Intervals
All Pairwise Comparisons among Levels of
METODE
Simultaneous confidence level = 80,73%
METODE = Metode A subtracted from:
METODE
Lower Center Upper
---------+---------+---------+---------+
Metode B
0,549 2,825 5,101 (-----*-----)
Metode C
-1,298 0,768 2,834 (----*----)
Metode D
-4,531 -2,375 -0,219 (----*----)
---------+---------+---------+---------+
-4,0 0,0 4,0
8,0
METODE = Metode B subtracted from:
METODE
Lower Center Upper
---------+---------+---------+---------+
Metode C
-4,395 -2,057 0,281 (-----*-----)
Metode D
-7,618 -5,200 -2,782
(-----*-----)
---------+---------+---------+---------+
-4,0 0,0
4,0 8,0
METODE = Metode C subtracted from:
METODE
Lower Center Upper
---------+---------+---------+---------+
Metode D
-5,364 -3,143 -0,922
(----*-----)
---------+---------+---------+---------+
-4,0 0,0 4,0
8,0
Dari ragkuman diatas dapat dijelaskan bahwa
Metode B > A karena tidak memuat nol dan center
positif
Metode C = A karena memuat nol
Metode D < A karean tidak memuat nol dan center
negatif
Metode C = B karena memuat nol
Metode D < B karean tidak memuat nol dan center
negatif
Metode D < C karean tidak memuat nol dan center
negatif
Jadi dapat disimpulkan bahwa
metode (B=C=A)
2.
Anava Dua Jalan
Disebut anava
dua jalan karena pada eksperimen ini hanya ada dua faktor yang diselidiki.
Dalam Minitab input data untuk prosedur ini terdiri dari satu kolom untuk
koding faktor pertama, satu kolom untuk koding faktor kedua dan satu kolom
untuk data respon.
Contoh Anava
Dua Jalan Sel Sama
Seorang
peneliti ingin melihat efek tiga metode mengajar (yaitu I, II, dan III) dan
sekaligus ingin melihat apakah ada perbedaan prestasi antara laki-laki dan
perempuan. Dengan mengambil secara random dari populasinya, datanya adalah
sebagai berikut.
|
Metode
I
|
Metode
II
|
Metode III
|
Laki-laki
|
8, 8, 7
|
6, 7, 6
|
3,
2, 4
|
Perempuan
|
3, 4, 2
|
5, 6, 8
|
9,
8, 9
|
Dengan mengambil a = 5%,
bagaimanakah kesimpulan mengenai efek utama dan interaksi antar variabel?
Tahapan kerja dengan menggunakan
Minitab adalah sebagai berikut :
v Masukan
koding untuk jenis kelamin pada C1 dan beri nama “ JK”
v Masukan
koding untuk Metode Mengajar pada C2 dan beri nama “Metode”
v Masukkan
nilai sesuai koding pada C3 dan beri nama “Nilai”
v Klik
Stat
v Pilihlah
ANOVA
v Klik
Two-Way
v Isikan
C3 pada kotak Respons
v Isikan
C1 pada kotak Row FactorIsikan C2 pada kotak Column Factor
v Isilah
confidence level yaitu (1 – α) dalam soal 95%
v Klik
OK
Untuk memasukkan data dan koding seperti
pada gambar dibawah ini
Untuk tampilan setalah ditekan Two-Way
akan
tampil seperti gambar dibawah ini
Two-way ANOVA: NILAI versus JK; METODE
Source
DF SS MS
F P
JK
1 0,5000 0,5000
0,56 0,468
METODE
2 3,0000 1,5000
1,69 0,226
Interaction
2 80,3333 40,1667
45,19 0,000
Error
12 10,6667 0,8889
Total
17 94,5000
S = 0,9428
R-Sq = 88,71% R-Sq(adj) = 84,01%
Perhatikanlah bahwa pada tampilan
rangkuman analisis variansi dua jalan sel sama diatas diperoleh untuk JK dengan
p = 0,468 >
berarti H0 diterima, untuk Metode
didapatkan p=0,226>
berarti Ho diterima dan untuk interaksi antara
jenis kelamin dan metode didapatkan p=0,000 <
maka Ho ditolak
Sehingga dapat disimpulkan :
- Tidak ada perbedaan jenis kelamin
laki-laki dan perempuan terhadap prestasi belajar(dalam arti dilihat secara
umum tanpa memandang metode pembelajaran bahwa jenis kelamin laki –laki dan
perempuan mempunyai prestasi belajar yang sama)
- Tidak ada perbedaan ketiga metode
pembelajarn terhadap prestasi belajar(dalam arti tanpa memandang jenis kelamin
bahwa ketiga metode pembelajaran mempunyai prestasi belajar yang sama)
- Ada interaksi antara metode
mengajar dengan jenis kelamin (untuk melihat interaksi antara metode mengajar
dan jenis kelamin maka dilakukan uji lanjut pasca anava/uji komparasi rerata
antar sel)
Minitab
tidak dapat menjalankan prosedur di atas jika banyak data tiap sel tidak sama.
Untuk keperluan tersebut Minitab menyediakan GLM (General Linier Model) dalam menyelesaikan anava dua jalan dengan
sel tidak sama.
Contoh Anava Dua Jalan Sel Tidak Sama
Seorang
peneliti ingin melihat efek tiga metode mengajar (yaitu I, II, dan III) dan
sekaligus ingin melihat apakah ada beda prestasi antara laki-laki dan
perempuan. Dengan mengambil secara random dari populasinya, datanya adalah
sebagai berikut.
|
Metode
I
|
Metode
II
|
Metode III
|
Laki-laki
|
8, 8, 7, 9
|
6, 7, 6, 8, 5
|
3,
2, 4
|
Perempuan
|
3, 4, 2
|
5, 6, 8
|
9,
8, 9, 7
|
Dengan
mengambil a = 5%, bagaimanakah kesimpulan mengenai efek utama dan interaksi
antar variabel?
Tahapan kerja dengan menggunakan
Minitab adalah sebagai berikut :
v Masukan
koding untuk jenis kelamin pada C1 dan beri nama “ JK”
v Masukan
koding untuk Metode Mengajar pada C2 dan beri nama “Metode”
v Masukkan
nilai sesuai koding pada C3 dan beri nama “Nilai”
v Klik
Stat
v Pilihlah
ANOVA
v Klik
General Linear Model
v Isikan
C3 pada kotak Respons
v Isikan
C1 C2 C1*C2 pada kotak Model
v Klik
Comparisons
v Pilih
Pairwise Comparisons dan masukkan variabel yang akan dikomparasi
v contreng
metode perbandingan ganda yang diinginkan.
v Klik
OK
General Linear Model: NILAI versus JK;
METODE
Factor
Type Levels Values
JK
fixed 2 L; P
METODE
fixed 3 I; II; III
Analysis of Variance for NILAI, using Adjusted
SS for Tests
Source
DF Seq SS Adj SS
Adj MS F P
JK
1 0,002 0,020
0,020 0,02 0,898
METODE
2 1,102 3,189
1,595 1,37 0,282
JK*METODE
2 90,098 90,098
45,049 38,72 0,000
Error
16 18,617 18,617
1,164
Total
21 109,818
S = 1,07868
R-Sq = 83,05% R-Sq(adj) = 77,75%
Perhatikanlah bahwa pada tampilan
rangkuman analisis variansi dua jalan sel tak sama diatas diperoleh untuk JK
dengan p = 0,898 >
berarti H0 diterima, untuk Metode
didapatkan p=0,282>
berarti Ho diterima dan untuk interaksi antara
jenis kelamin dan metode didapatkan p=0,000 <
maka Ho ditolak
Sehingga dapat disimpulkan :
- Tidak ada perbedaan jenis kelamin
laki-laki dan perempuan terhadap prestasi belajar(dalam arti dilihat secara
umum tanpa memandang metode pembelajaran bahwa jenis kelamin laki –laki dan
perempuan mempunyai prestasi belajar yang sama)
- Tidak ada perbedaan ketiga metode
pembelajarn terhadap prestasi belajar(dalam arti tanpa memandang jenis kelamin
bahwa ketiga metode pembelajaran mempunyai prestasi belajar yang sama)
- Ada interaksi antara metode
mengajar dengan jenis kelamin (untuk melihat interaksi antara metode mengajar
dan jenis kelamin maka dilakukan uji lanjut pasca anava/uji komparasi rerata
antar sel)
terima kasih infonya sangat berarti buat saya
BalasHapusSelamat siang pak Abdul
BalasHapusSaya mau belajar Minitab namun aku belum punya softwarenya, jadi susah kalo cuman lihat/baca cara-caranya. Jadi aku minta Pak Abdul untuk ijinkan aku mendownload softwarenya di Blog Pak Abdul.
Aku mohon ke depannya pak Abdul dapat membantu aku mempelari Mnitab dan software yang bersangkutan dengan Statistics.
Email saya : jeritopereira@mail.com
Asal Timor Leste
Limpah terima kasih atas perhatiannya
Sampai Jumpa lagi
Jerito Pereira